>

Thursday, September 30, 2010

Pemkab Buka Taman Baca Baru Di Bukit Asri


Untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat, pemerintah kabupaten Jepara terus berupaya menyediakan bahan bacaan berupa buku melalui Perpustakaan yang ada. Selain di perpustakaan, untuk lebih mempermudah akses membaca kepada masyarakat, Pemkab juga terus menambah fasilitas bacaan, berupa taman baca yang didirikan di beberapa lokasi strategis. Hal ini untuk memberikan layanan yang mudah kepada masyarakat, untuk mengakses segala informasi melalui buku.
Kepala Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Jepara, Sri Hartini, mengatakan pemerintah kabupaten Jepara di tahun 2009 telah mendirikan beberapa taman baca di beberapa lokasi yang strategis. Salah satu taman baca yang baru saja diresmikan adalah taman baca Bukit Asri Jepara, yang lokasinya ada di taman perumahan bukit asri Kelurahan Demaan. Rencananya tahun 2010 ini dilokasi tersebut akan dikembangkan menjadi gedung perpustakaan yang lebih lengkap.
Untuk saat ini, taman baca Bukit Asri sudah dilengkapi buku sebanyak 450 eksemplar dan Alat Peraga Edukatif (APE) sebanyak 20 buah. Sementara layanan yang disediakan di taman baca tersebut yaitu layanaan baca di tempat, layanan permainan dan story telling atau bercerita.
Selama liburan sekolah kemarin, taman baca ini dibuka setiap hari dimulai pukul 08.00 hingga pukul 15.00. Sedangkan untuk bulan Januari ini, akan dicoba, 1 Minggu 3 kali. Namun jika sudah dibutuhkan akan dibuka tiap hari.
Adapun fasilitas bacaan di tempat umum yang sudah ada sebelumnya, yaitu dua warung baca yang menyediakan buku bacaan dan papan baca koran di terminal kota, dan di pojok taman selatan alun-alun kota. Satu lagi, rumah baca yang dilengkapi arena bermain anak-anak di taman belakang Kantor Perpustakaan Daerah yang ada di Jl. HOS Cokroaminoto.
Pemerintah kabupaten Jepara juga telah menyediakan satu motor pintar yang melayani perpustakaan keliling di kawasan kota. Selain itu juga ada tiga mobil perpustakaan keliling, yang melayani di sekolah-sekolah dan satu unit keling melayani dari desa ke desa.
Lebih lanjut hartini menambahkan, saat ini, untuk mendorong pengembangan perustakaan di kabupaten Jepara selain taman dan warung baca, juga dilakukan pembinaan untuk perpustakaan sekolah, perpustakaan desa, kecamatan dan perpustakaan tampat ibadah.
Sampai saat ini kabupaten Jepara sudah berdiri sebanyak 169 perpustakaan yang tersebar di desa atau kecamatan, 31 lokasi untuk Perpustaakan Ormas, dan 81 lokasi Perpustkakan sekolah, serta 146 lokasi perpustakaan di tempat-tempat ibadah. (Prima Headline News)

Sumber : http://posko.co.cc/2010/01/pemkab-buka-taman-baca-baru-di-bukit-asri/

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright 2008 All Rights Reserved | Revolution church Blogger Template by techknowl | Original Wordpress theme byBrian Gardner